RKBM Sosped
Selasa, 24 November 2015
0
komentar
RENCANA KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
(RKBM)
SEMESTER
|
:
|
GANJIL
|
TAHUN
AKADEMIK
|
:
|
2014/2015
|
PROGRAM
STUDI
|
:
|
PPLK
|
JURUSAN
|
:
|
MANAJEMEN
PERTANIAN LAHAN KERING
|
I.
Identitas
Mata Kuliah
Mata
Kuliah
|
:
|
SOSIOLOGI
PEDESAAN
|
Kode
|
:
|
|
Semester
|
:
|
III
( Tiga)
|
Jumlah
SKS
|
:
|
3
(1-2)
|
Jumlah
Pertemuan
|
:
|
16
|
Pengajar
|
:
|
1.
Wely
Y. Pello, S.ST., M.Si
|
|
|
2.
Yopy I. Ismael, S.ST., MM
|
|
|
3.
Laasar
Adu, SP
|
Koordinator
Mata Kuliah
|
:
|
Wely Y. Pello, S.ST., M.Si
|
Evaluasi
|
:
|
|
Ujian
Tengah Semester
|
:
|
15%
|
Ujian
Akhir Semester
|
:
|
15%
|
Quis
|
:
|
5%
|
Tugas
|
:
|
5%
|
Kegiatan
Praktikum
|
:
|
10%
|
Ujian
Praktek
|
:
|
50%
|
Mata
Kuliah Prasayarat
|
:
|
|
Prasayarat
Bagi Mata Kuliah
|
:
|
|
Deskripsi
Mata Kuliah
|
:
|
Mata
Kuliah ini akan dilaksanakan dengan beberapa pokok materi yang meliputi : 1) Sosiologi Pedesaan dan sosiologi pertanian;
2) Pemahaman Desa di Indonesia (Khusus & Umum); 3) Aspek Kultural
Masyarakat Desa; 4) Tipologi Pedesaan; 5) Proses Sosial; dan 6) Modernisasi
Pedesaan
|
Tujuan
Instruksional Khusus
|
:
|
Setelah mempelajari seluruh
kegiatan perkuliahan ini mahasiswa semester III ( tiga ), Program Studi
Manajemen Agribisnis, mampu memahami tentang sosiologi dan proses perubahan
kehidupan sosial dan budaya masyarakat Desa.
|
II.
Rencana
Pelaksanaan Perkuliahan di Kelas
Pertemuan ke :
|
Pokok Bahasan
|
Sub Pokok
Bahasan
|
Waktu
( Menit )
|
Dosen
Pengampu
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
I,
II
|
SOSIOLOGI
PEDESAAN DAN SOSIOLOGI PERTANIAN
|
1. Pengantar Sosiologi Pedesaan
2. Perbedaan Sosiologi Pedesaan dan Perkotaan
3. Sosiologi Pedesaan dan Sosiologi Pertanian
|
1
x 60
|
Wely
Y. Pello, S.ST., M.Si
|
III,
IV, V
|
PEMAHAMAN DESA DI INDONESIA
(KHUSUS & UMUM)
|
1.
Pengertian Umum Tentang Desa
2.
Unsur-Unsur Desa
3.
Ciri-Ciri Kehidupan di Desa
4.
Karakteristik kehidupan Desa
|
1
x 60
|
Wely
Y. Pello, S.ST., M.Si
|
VI,
VII
|
ASPEK KULTURAL MASYARAKAT DESA
|
1.
Kebudayaan
2.
Kebudayaan Tradisional Masyarakat Desa
3.
Peasan dan Subsistensi
|
1
x 60
|
Yopy I. Ismael, S.ST., MM
|
VIII
|
TIPOLOGI DESA
|
1.
Organisasi dan kelembagaan desa
2.
Tata nilai dan Tradisi (adat-istiadat dan pola budaya )
|
1
x 60
|
Yopy I. Ismael, S.ST., MM
|
IX
|
TIPOLOGI PEDESAAN
|
1.
Pola tingkah laku dan kepribadian masyarakat desa
2.
Kekeluargaan dan kekerabatan
|
1
x 60
|
Yopy I. Ismael, S.ST., MM
|
X,
XI, XII
|
PROSES SOSIAL
|
1.
Assosiatif dan Dissosiatif
2.
Integratif, Transaktif, dan
Osilatif
3.
Mobilisasi, Migrasi dan Urbanisasi Masyarakat
4.
Interaksi Desa-Kota
|
1
x 60
|
Yopy I. Ismael, S.ST., MM
&
Laasar
Adu, SP
|
XIII,
XIV, XV
|
MODERNISASI PEDESAAN
|
1.
Kecendrungan dan perubahan
2.
Kebudayaan dan peradaban
3.
IPTEK dan pembangunan
4.
Menuju otonomi desa dan masyarakat madani
5.
Program pembangunan daerah pedesaan
|
1
x 60
|
Laasar
Adu, SP
|
UJIAN TENGAH SEMESTER
|
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: RKBM Sosped
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://prodipplk.blogspot.com/2015/11/rkbm-sosped.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
0 komentar:
Posting Komentar